AKHIR TRAGIS SANG PENDAKI (Alison Hargreaves)


Alison Hargreaves adalah pendaki gunung Inggris yang lahir di Derbyshire pada tahun 1962. Dia adalah wanita pertama yang melakuk ke mount Everest tanpa perlengkapan oksigen. Hargreaves sudah memperlihatkan sebagai rock climber ketika masih bersekolah di Derbyshire, sebelum akhirnya dia memilih menjadi pendaki gunung. Dia menjadi pendaki professional dan pada tahun 1986 bersama kawan-kawanya dari Amerika, Tom Frost, Jeff Low dan Marc Twilight, dia mendaki rute baru di kantega (6.779 m) di Himalaya, Nepal.
Pada tahun 1988 dia menjadi perempuan Inggris pertama yang berhasil mendaki sisi utara Eiger- salah satu rute paling menantang bagi para pendaki dan sudah menelan korban dari 50 orang swiss. Padahal ketika itu Hargreaves sedang mengandung lima setengah bulan anak pertamanya. Setelah terselang lima tahun untuk membesarkan anaknya, pada tahun 1993 Hargreaves mengulang kesuksesanya dengan melakukan pendakian solo ke enam puncsk ternama disisi Alpen yaitu Metterhom, Grandes Jorasses, Cima Grande, Piz Badile, Dru dan Eiger,. Suami dan anak-anaknya juga menemaninya dalam pendakian ini, ketika juga gagal dalam usaha pertamanya mendaki Mount Everest tahun 1994.

Musim semi berikutnya dia kembali lagi ke Everest, kali ini dengan kesisi utara Tibet. Meskipun ada beberapa pendaki di rute itu, Hargreaves mendaki sendiri, mencangking peralatan penyelamat nya sendiri dan tidak membawa peralatan oksigen. Pada 13 Mei 1995 dia mencapai puncak (8.848 m), membuat kagum pendaki gunung lainya karena kecepatan, effisiensi, dan ketenanganya.
Pada 13 Agustus 1995, lagi-lagi tanpa peralatan oksigen, dia berhasil mencapai puncak K2 (8.611 m) di Karakorum, Pakistan yang merupakan puncak kedua tertinggi di dunia yang terkenal secara teknis sulit didaki. Ketika turun dari puncak beserta lima pendaki lainya, mereka dihantam topan dari utara dan tak satupun yang selamat.

0 komentar:

Komentar

Popular Posts

Pengikut